Mungkin Saja = Boleh Jadi


==========================================================

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” [QS. Al Hujuraat : 11]
==========================================================

Sering kita mencibir suatu pekerjaan ibadah yang dilakukan oleh saudara kita bahwa ibadahnya itu salah. Pada saat yang sama, ia pun mencibir kita juga, karena menurutnya ibadah kita itulah yang salah. Walhasil, terjadilah saling cibir mencibir.

Padahal sebenarnya boleh jadi ibadah orang yang kita cibir itulah yang benar, dan justru yang kita lakukan itulah yang salah, dikarenakan referensi keilmuan kita tentang dalil yang benar itu belum kita miliki. Lalu, alangkah malunya di sisi ALLAH jika kita yang salah malah mencibir yang benar. Akan tetapi jika kita memang yang benar secara dalil, maka tetap juga alangkah malunya kita di sisi ALLAH karena kita menyobongkan diri sekaligus merendahkan orang lain.

Hal lain yang sering terjadi, banyak diantara kita yang kapasitas posisinya hanya seorang murid, tapi dengan mudah dan beraninya dia menjelek-jelekan seseorang yang berkapasitas seorang guru. Padahal jasa-jasanya pada umat dan pahala sang guru yang dijelek-jelekan itu jauh lebih tinggi dari kita. Atau kalaupun sama-sama berkapasitas seorang guru misalnya, sungguh tidak pantas di sisi ALLAH, seorang guru menjelek-jelekan guru lainnya. Terlebih boleh jadi dari seluruh nilai amaliyahnya, guru yang dijelekkan itu ternyata amal pahalanya jauh lebih banyak.

Karena itu marilah kita terus belajar, belajar mencari dalil yang shahih, kemudian lebih mawas diri, lebih rendah hati, serta lebih menjaga tali persaudaraan dengan saling hormat menghormati sesama muslim.

4 thoughts on “Mungkin Saja = Boleh Jadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s